Wednesday, March 9, 2022

FREELANCE 2,1 MILYAR - Step by Step menjual jasa freelance bernilai tinggi

 



hai oke Guys hari ini gua bakal ngomong gimana caranya kalian bisa freelance dengan penghasilan lebih dari 100 juta atau bahkan miliaran Mungkin gua bakal mulai video ini dengan cerita tentang Steve Jobs siapa sih di dunia ini enggak tahu tentang Steve Jobs Tapi nggak banyak yang tahu dulu Steve Jobs pernah dipecat dari Apple nafas dipecat dari Apple yaitu membangun perusahaan barunya namanya next nah kali ini topiknya tentang freelance kalian coba bisa tebak dia bayar di channel namanya Polres nasib Lorentz Ini disuruh bikin desain sama visual identity NX logonya gue share disini kira-kira dia bayar Polri ini harganya berapa untuk bikin pistol energinya next waktu itu Polres dibayar 100 ribu dollar sama Steve Jobs untuk bikin visual identity nya next itu sampai bikin 100 halaman picpro posal untuk ngejelasin ke dia tentang next Uh filosofinya gimana 

Artinya gimana dan dia bisa phone with Steve Jobs bahwa service jatuh bernilai 100 ribu dollar kalau misalnya kalian arti itu ditambah inflasi sekarang tuh nilainya 2,1 milyar rupiah Hai di mana lagi orang bisa dibayar 2,1 milyar rupiah untuk ngerjain visual HD MP3 sebagai designer mungkin akunnya banyak yang gak bisa reuleut karena ini Steve Jobs Ya iyalah Karena dia udah punya flutriafol dan demo bayar mahal gue juga bisa cerita sedikit tentang Project gua yang gua closing simile 3-4 mdi umur 23 tahun dan waktu itu Project yang it itu bikin qrp untuk perusahaan multinasional 

dari Korea tapi gua bakal cerita mungkin nanti pas di akhir video Sebenarnya kalian cuma perlu perhatiin tiga hal untuk bisa bikin jasa kalian bernilai ratusan juta sampai milyaran mau kalian designer editor programmer kalian tuh harus punya tiga konsep ini untuk bisa ngejual service kalian secara mahal tapi sebelum kita mulai ke poin kesatu kita point Kenongo yaitu Kalian mau jual apa-apa jasa servis atau skill yang kalian bisa jual seorang misalnya kalau kalian suka desain 

kalian fashion dalam editor kalian tuh bisa belajar dulu misalnya di YouTube atau sekolah desain atau misalnya kalian baca-baca artikel baca buku sampai ditahap kalian pendek bahwa oke yo gua nih bisa word dibayar oleh klien sebenarnya itu paling simple step nolnya kalian belajar dulu kembangin skill kalian sebelum kalian jual orang lain setelah itu kebanyakan orang temen gue tuh bingung kira-kira gue jual harga berapa service gua Nah itu step 1 step 1 adalah market galium biar ceritanya lebih gampang kita pakai cerita designer misalnya kalian udah belajar desain dan kalian tahu skill kalian itu setara dengan senior designer lalu kalian Google aja kalian satu itu kalian 

Google kira-kira gaji rata-rata senior designer tuh berapa biar ceritanya gampang kita ketemu angkanya 16 juta perbulan kalau misalkan daftarnya udah skill kalian gaji kalian tuh 16 juta perbulan itu sebenarnya benchmark yang paling simpel kalau misalkan untuk nentuin market jalur kalian kalau sebagai karyawan Kanada delapan jam sehari dan 20 hari kerja 

sebulan Jadi totalnya tuh ada 160 jam kerja sebulan Untuk gaji 16000000 kalian lalu kita pecah lagi 16000000 itu kalau dibagi dengan 160 our yaitu Rp100 per jam kerja nah itu step 1 step yang gampang banget Jadi kalau misalnya ada teman kalian atau klien yang bilang oh bikin desain logo atau bikin brosur kalian tuh kira-kira aja untuk membikin desain ini gua butuh sekitar empat jam berarti kalian bisa cek video tempat Rp100 gua butuh waktu 10 jam untuk bikin pisau NTT 

berarti kalian bisa cek dia satu juta kebayang dong harusnya skate satu ini lumayan simple tapi pasti arenanya kalau gitu kapan gua kayanya soalnya kan gue cuma punya 24 jam sehari nah ini poin kedua yaitu multiplayer hal-hal apa yang kalian bisa lakuin atau karena pelajarin untuk ningkatin our litre kalian tapi ini benar-benar diluar dari skillshare kalian ya soalnya misalnya senior designer A8 senior designer B yang skillnya sama-sama mirip nih tapi yang satu bisa jual servicenya senilai 10 juta yang satu cuma dua juta Nah ngebedain menurut gua itu namanya multiplayer 

walaupun skill kalian mirip ada hal-hal lainnya diperhatiin nama klien misalnya kalian negosiasi presentasi kalian rapih atau enggak kalian punya company profile yang lezat atau enggak portfolio kalian banyak atau sedikit hal-hal itu yang ngebuat owner at kalian yang tadi Rp100 kalian bisa K5 Jadi kalian bisa jual 500.000 perjam atau bahkan satu juta perjam pertanyaan simpel yang biasanya dilengkapi gua kalau gitu gimana caranya gua naikin multiplayer yang paling simple adalah ningkatin portfolio kalian kalau misalnya kalian ke client ini gua punya port folio brand a-b-c dan ada 200 nih portfolio gua mereka otomatis ningkatin Gyu kalian dimata mereka 

walaupun skill kalian sama sebagai senior designer kalian bisa jual service kalian senilai 500.000 atau bahkan satu juta perjam biasanya hal kedua yang paling simple itu kalian belajar negosiasi atau kalian belajar interpersonal skill kalau kalian bisa bawain diri kalian secara bagus negosiasi kalian bagus komunikasi bagus otomatis mereka juga ningkatin Google you kalian di mata mereka karena gua kejadian ada kompetitor nih Regency dia ngebikin servicenya harga 20 juta 

Tetapi dia mau ama gua ke padahal harga gua tuh 30juta dia bilang kayak gini gue suka presentasi kalian dan elu personal diri karena Lu orangnya kelihatan bisa berkomunikasi dan lebih dipercaya jadi ESET ada banyak hal-hal yang enggak Dark ke skill kalian dalam design Inc yang bisa ningkatin Nike Medio kalian sebenarnya stok di Point kedua ini kalian tuh di bisa berpenghasilan 50 100 juta atau bahkan sampai 200 juta perbulan karena gua banyak kok punya temen yang bisa sampai Tab2 ini dan dia punya penghasilan 50 100 juta itu sebagai Designer Designer logo browser yuayu X ada banyak yang berpenghasilan lebih dari 50 juta perbulan tapi kunci Dari video ini gimana 

cara kita break ratusan juta itu sampai miliaran sama kayak gua pas gua closing Project 3 m di umur 23 tahun poin ketiga yaitu bisnis value ini hal yang susah banget sebenarnya kalau misalkan cuma muter di pun satu maupun kedua kalian tuh lebih fokus ke apa yang kalian diri kalian sendiri bisa bawa ke client ini waktu gua ini efek gua adanya tapi kalaupun ketiga kalian tuh harus bisa lihat secara bisnis kalian bisa bawa berapa banyak Bell yuk ke bisnis dia contohnya kalau kalian bisa buktiin bahwa dengan gua bikin logo ini omzet bapak itu bisa naik 10 kali lipat simpelnya 10 kali lipat itu misalnya 10m Wajar dong kalau lu minta sepatu M atau kalau misalnya kalian sebagai 

programmer rogue bisa bikin sistem yang menghasilkan omset untuk bisnis Bapak sekitar 1thek Wajar dong kalian kita 100m nah hal itu sebenarnya lebih denflasher yang biasa-biasa aja dengan Polres dia bisa combine Steve Jobs boat dengan Visual identity ini company dia akan bernilai berkali-kali lipat bisa membawa visualnya membawa emosi untuk customer yang ngelihat atau membeli produk next sini dan ekstremis itu cerita gue juga Gimana caranya bisa closing Project bisa nilai 

4m nomor 23 tahun Oke kita backtrack sedikit dulu tuh gua memulai karir gua sebagai freelance programmer sesuai dengan yang gue ceritain gue mulai dari step 1 market value gua menjual website gua jual kayak simple eps itu senilai dua juta 3juta itu sesuai dengan gaji programmer yang kurasa waktu itu skill gue tuh di sana terus Semakin banyak Project yang gua kerjain semakin banyak folio gue tuh bikin bisnis bisnis kargo bikin company profile event kayak PPT yang lebih legit dan hal itu aja ningkatin Project gua nilainya dari dari yang sebelumnya dibawah 10 juta 

jadi 30 50-100 juta tapi selama dua tahun pertama gua enggak pernah dapat project yang dinilai di atas 1m atau bahkan 3 m jadi lebih join project ini dibanding produk sebelumnya klien ini tuh gua offroad secara bisnis gua tanya kira-kira keluh kesan dia atau objektif dia secara disitu apa Lalu setelah gua bikin solusinya gue bilang ke dia kayak gini ini ada izin sih lainnya bisa bikin yang persis kayak yang kita bikin gitu tapi kalau misalnya lu ama kita kalian bisa save segini banyak 

uang terus gue bikin skenario kalau misalnya enggak pakai sistem kita berubah harus keluarin segini banyak biaya untuk operasional untuk fairing orang untuk admin karena dengan si kita akan itu bisa otomatis atau bikin semua flow bisnis kalian tuh lebih lancar dan itu save money belum lagi opportunity cost kalau misalnya ada yang ngacok di sistem kalian atau ada karyawan yang dari sistem manual itu bikin bisa sekalian berantakan akhirnya setelah negosiasi sekitar 4 bulan 

akhirnya klien kita ini go head sama kita karena kita bisa combine ke mereka bahwa dengan solusi kita mereka akan CV warohmani dan mereka Enggak kan kehilangan opportunity cost yang lumayan besar dan inilah yang ngebedain freelancer dengan penghasilan dibawah 10 juta sampai 100 juta sampai milyaran skill kalian akan selalu Dinilai dari apa impact yang kalian bawa ke client semakin kalian bisa buktikan itu semakin bisa kalian komunikasi deadline semakin besar upah 

yang kalian bisa dapet di poin ketiga ini udah bukan berdasarkan beberapa jam kalian kerja atau seberapa experience kalian Tapi kalian harus bisa membaca Apa sih yang kalian bawa ke customer ini sama dengan video-video sebelumnya money follows Belgium Brazil Halo memberikan ketua yang begitu yang akan mereka bayar ke kalian oke sekian dari video ini semoga 3-point tadi itu bisa diikutin kalau kalian berkutat di dunia jasa sebagai freelance dan teman-temannya gua nggak 

bisa sharing untuk mengalami ISIS yang dagang atau misalnya import-export karena gue sendiri belum jalanin like always kalau misalnya kalian punya opini atau pengen diskusi atau pengen nanya-nanya Feel Free untuk cat Comment di posting kita

Previous Post
Next Post

0 komentar: