Saturday, March 5, 2022

3 Hal Yang Gw Pelajarin Bangun STARTUP JUTAAN DOLLAR

 


Oke, gua pengen sharing hal-hal penting yang gua pelajarin dari ngebangun startup jutaan dolar. Bagi yang gatau, gua sekarang lagi ngebangun startup—namanya Ternak Uang, yang nilainya udah 3 digit milyar rupiah. 

Tapi sebenernya ada beberapa hal yang gua baru pertama kali experience dan—harusnya gua tau dulu. Dan ternyata ngebangun startup itu berbeda dibanding yang banyak orang pikirin. Kalo ngomong apa yang dipelajari, sebenernya banyak banget. Tapi gua bakal bantu kerucutin 3 hal yang I wish gua tau dulu sebelum gua memulai startup di level ini. Pertama background-nya dulu ya. 

Kalo misalnya kalian belum nonton video gua sebelumnya yang tentang Ternak Uang di-invest puluhan milyar, kalian mending nonton dulu karena itu ngejelasin sedikit tentang the startup dream atau sedikit cara kerja startup. Dan kalo kalian belum subscribe, gua tungguin 3 detik buat subscribe youtube channel gua. Pertama kita bahas dulu ya, kenapa ini hal-hal penting banget yang orang harus tau. Karena kenyataannya, startup itu banyak banget yang gagal. 

Kebanyakan dari kita tuh rasanya menggampangkan startup, kenapa? Soalnya kita denger news; startup di Indonesia Unicorn, Decacorn, dapet fundraising ini Soalnya yang di news itu semua hal-hal bagus doang. Dapet investor, dapet apa. Kenyataannya kalo misalnya startup bangkrut, atau startup sampe rusak, hancur lebur, itu gak terlalu banyak yang ngeliput. Apalagi orang gak ngebahas susahnya ngebangun startup—itu gak terlalu banyak di media. 

Menurut gua itu salah satu yang paling fatal di media kita sekarang; lebih ngebahas achievment dibanding proses atau susah-susahnya. Kalo ngebahas tentang pelajaran apa yang penting, sebenernya banyak banget. (Ada) ratusan sampe ribuan pelajaran yang bisa ngebangun sampe di tahap ini. Tapi gua bakal kerucutin ke 3 poin paling penting menurut gua yang semua founder harus tau kalo misalnya mereka mau ngebangun startup. 

Tapi again, DISCLAIMER: Ini menurut opini gua pribadi. Karena kan setiap orang yang jalanin startup itu beda-beda. Dan menurut gua, poin ketiga yang paling penting. Tapi yang pertama, kita state the obvious. Pelajaran nomor 1 adalah: SUSAH. Dan ngebangun startup itu mungkin hal paling susah yang gua lakuin di seumur hidup gua. Apalagi kalo kita ngomong startup jutaan dolar, itu biasanya udah di tahap investasi. Artinya udah ada investor luar—kita gak main dengan uang kita sendiri. Bisa gak startup kalian jangan tambah investor? Bisa banget. Sampe jutaan dolar, sampe—mungkin ratusan juta dolar. 

Bisa banget itu. Tapi kan tujuannya investor di sini untuk mempercepat growth. Dan itu di tahap kita sekarang. Tapi gua ga bakal bahas kayak umumnya; susah, semua orang bilang susah. Tapi gua bakal jelasin: Kenapa susah? Pertama kita liat statistik lagi ya, 90% dari startup gagal. Kenapa? Banyak banget alasan-alasannya. 

Misalnya business model-nya gak works, timnya gak becus, atau timing-nya gak tepat, atau fundiing-nya abis. Tapi apa yang bikin susah dari startup adalah, kita harus membuktikan ketidakpastian. Kebanyakan dari startup tuh punya ide yang kita rasa, 'Wah ini bisa bermanfaat banget buat masyarakat'. 

Dan step by step startup dari small starup sampe medium startup adalah, proving bahwa teori kalian tuh benar. Tapi masalahnya gak semua teori itu bisa dibuktikan benar. Dan akhirnya apa yang bikin startup susah banget adalah, gimana caranya kita sebagai founder tuh bisa adaptasi terus untuk nge-adjust apa yang market butuhkan. Contohnya dulu sebenernya gua udah pernah gagal bikin startup 7 kali. Ini bakal berkaitan ke poin kedua. 

Salah satu yang paling susah adalah—kalo ngebangun startup dan organisasi, Kita tuh kan gak kerja sendiri; ada co-founder, ada tim kita, dan lain-lain. Ini tuh menurut gua gak bisa di-understate. Gak bisa diremehkan. Yaitu susahnya membangun organisasi atau tim Gak bisa diremehkan. Yaitu susahnya membangun organisasi atau tim untuk ke satu arah yang—lu gerak tuh harus cepet banget ke sana. Lu harus prove bahwa startup lu bisa prove something. 

Soalnya gini, kalo misalnya kita ngebangun bisnis kita sendiri, kita tuh boleh work on our own pace. Jadi kayak, kalo misalnya lagi turun oh yaudah yang penting masih profit. Kalo misalnya lagi naik, oh yaudah bagus gitu. Tapi apa yang bikin susah dari ngebangun startup di mid level ini—yang udah berniali jutaan dolar? Kita tuh punya target—kita tuh punya plan untuk bisa grow sekian per bulan, per tahun.

Jadi kalo misalnya—let's say bisnis lagi down atau market lagi gak mendukung. mau gak mau lu sebagai founder harus kreatif untuk figure out, ya gimana caranya harus naik. Gimana caranya lu bisa adaptasi dan membuat situasi yang harusnya bikin lu turun jadi bikin lu naik. Dan ngebangun startup itu makan waktu jauh lebih banyak dibanding waktu gua untuk yang lain. Mungkin bisa 24/7 itu—agak lebay ya kalo misalnya 24 jam, kapan tidurnya? Tapi setidaknya butuh mikir. 

Itu kayak setiap hari figure out apa sih yang bisa gua lakuin untuk adaptasi? Untuk bisa bikin startup ini grow, dan grow secara konsisten. Kalo misalnya di tahap kecil, startup tuh yaudah bikin produk terus coba dijual. Tapi kalo di startup menengah, yang bikin susah adalah itu. Organization management, legal, administration, harus ngebangun sistem HR-nya. Ternak Uang sekarang udah sekitar 70-an orang, and managing team itu jadi salah satu challenge paling gede. 

So, kalo misalnya kalian mau ngebangun startup dan ngerasa gampang (untuk) sampe di tahap jutaan dolar, 'Oh gampang yang penting punya ide, prove, cari investor, dapet duit, terus grow', Coba dipikir-pikir lagi. Kenapa poin ini penting banget? Gua ga mau orang yang memulai startup memulai dengan mentalitas yang salah. Membangun startup itu susah. 

Tapi misalnya kalo kita gigih, kita adaptasi ya kita bisa worth it ujungnya. Semoga gua ga terlalu muter-muter karena ini penting banget buat yang mau mulai startup. Yang kedua: Team. Ini menurut opini gua pribadi, team is everything. Awalnya gua mau bikin pelajaran ini: Idea is shit, execution is king. Tapi kalo dipikir-pikir ya, idea is shit? Oke. Execution lebih penting? Oke. Tapi siapa yang eksekusi? At the end, startup dengan duit yang banyak banget, dengan ide yang bagus banget, kalo ga ada orang-orang yang ngejalanin dengan maksimal, your startup will die. Ada pepatah, katanya di awal-awal ngebangun startup, 5 employee pertama lu, itu bakal make or break startup lu bisa grow ke tahap menengah. 

Dan yang kita ngomongin tentang tim itu bukan yang, 'Lu harus punya sarjana ini, harus punya—apa'. Tapi yang kayak di poin pertama, startup itu unpredictable. Kita gak bisa tebak apa yang bakal terjadi. Jadi, tim yang paling penting yang harus lu punya adalah, punya visi yang kuat dan bisa beradaptasi. Itu kalo secara perorangan yang benar-benar dicari adalah—gua nyari yang bisa adaptasi. Pernah gak gua diomelin sama tim gua, 'Ini kok idenya berubah terus? Ini kok bulan ini—gua ngapain?' gitu. Pernah. Tapi at the end gua sebagai CEO harus mengomunikasikan, that's the thing yang harus kita laluin. Dan tim; seluruh management level, min 1, min 2(?), sampe yang paling bawah— harus punya mentalitas, 'Kalo misalnya ini gak works gua harus siap banting setir untuk ngelakuin hal yang lain'. 

Dan itu benar-benar—kita harus bisa baca karakter orang yang mau kita masukin ke startup kita. Ini opini pribadi gua. A good team—tim yang benar-benar bagus dan cocok dengan startup kalian, akan ngalahin startup lain. Mungkin yang funding-nya lebih gede tapi timnya ga bagus. Gua pun udah confirm ini—gua nanya ke beberapa VC, ke beberapa investor, apa sih yang paling penting? Founder-nya. Diliat, timnya kayak—tebel atau engga. Mentor gua—yang gak mau gua sebut namanya—bilang, Kalo misalnya gua mau masuk ke sebuah emiten, atau perusahaan, atau startup, yang gua liat itu management-nya dulu, startup founder-nya dulu. Becus gak dia buat kalo misalnya gua ubah strateginya begini dan gua pivot? Visinya ada gak di sana? Yah, itu yang paling penting menurut gua ya. 

Dari aspek—di luar dari startup itu susah; build a kick-ass team. Lu harus approach secara personal, gak bisa seluruh orang gua cari tim—(?) ketahui karakternya, cari yang bisa beradaptasi dan work under pressure. Oke, mungkin poin terakhir yang paling paling paling penting menurut gua, yang banyak banget orang salah kaprah dari membangun startup, ekspektasinya apa? Kebanyakan orang tuh, 'Gua pengen kaya', 'Gua pengen kayak Mark Zuckerberg', 'Gua pengen kayak Bill Gates yang orang terkaya di dunia'. Akhirnya bikin orang punya persepsi apa? Gua pengen cepet kaya. Pelajaran ketiga adalah: Jangan mengejar uang. 

Kenapa gua bilang kayak gitu? Ini realitanya, kalo lu ngebangun startup lu gak bakal kaya di awal. Most likely lu bakal susah-susah. Lu menggaji diri sendiri mungkin gak setinggi yang lu expect. Kalian kira startup-startup yang di-funding jutaan sampe ratusan juta dolar itu dengan gampangnya mereka, 'Gua mau gaji diri sendiri ratusan juta deh atau milyaran'? Gak bisa. Yang kalian harus ngerti dari membangun startup, hasil paling gede yang didapetin adalah nanti pas payout di akhir. 

When the startup akhirnya grow besar banget, akhirnya bisa IPO atau diakuisisi oleh perusahaan lain, itu end goal-nya. Uang di depan itu biasanya sangat jarang terjadi. Lu liat story-story semua startup aja deh, 2-3 tahun pertama itu mereka ngegaji diri sendiri kecil banget. Dan gua gak dapet uang banyak dari ngebangun Ternak Uang. At the end, sources-sources income gua yang lain dari investasi, trading saham, crypto, NFT, dari bisnis-bisnis lain itu jauh lebih gede dari gaji gua di Ternak Uang. Jadi jangan ngebangun startup dengan mindset "Gua bakal cepet kaya dan dapet duit gede". Soalnya mindset-nya gini, pas lu ngebangun startup, lu harus punya mentalitas all in. 

Gimana caranya ngegedein company ini secepat mungkin, sebesar mungkin. Dan kalo misalnya investor masuk—mereka masukin duit, mereka expect uang itu dipake untuk grow di company segede dan secepat mungkin. Bukan untuk bayar founder-nya sendiri. Ini tuh prasangka yang menurut gua banyak orang salah. Pas mulai startup kok ga ada duitnya? Akhirnya malah gak termotivasi, berhenti di tengah jalan, akhirnya startup-nya malah bangkrut. 

Kalo misalnya end goal-nya uang, fine. Gak masalah. Banyak orang punya UUD (Ujung-Ujungnya Duit). Tapi ya—ujung-ujungnya duit, bukan di depan duit. Kalo gua personally ngeliat kenapa gua ngebangun startup, Sebenarnya, ini sejujurnya. Gua ngeliat impact. Gua pengen ngeliat seberapa besar gua bisa ngebangun perusahaan ini untuk berkontribusi positif ke masyarakat. 

Hal yang paling gua banggakan kalo misalnya startup ini sukses adalah, kita bisa menjadi game changer. Kita bisa menjadi salah satu perusahaan—salah satu organisasi yang actually bisa merubah Indonesia. Yang kalo misalnya gua jalan atau misalnya gua ke mana, orang inget, (kalo) gua ngebangun sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat. harus tau visi ujungnya tuh di mana, apa perubahan yang pengen kita lakukan di Indonesia. 

Kalo misalnya kalian ngebangun startup, gua rasa 3 itu tuh yang paling penting. Apalagi di level menengahm yaitu level startup jutaan dolar. Again, gua bukan mau nyombong. Gua bete banget kalo misalnya di komen ada yang bilang (gua) nyombong atau gimana. Yah—bukan itu tujuannya. Tapi kalo misalnya kalian ada pertanyaan lain tentang ngebangun startup, gimana cara cari investor, mungkin gua bakal bahas di video lain biar ini gak kepanjangan Again, kalo misalnya mau beropini feel free komen di bawah. Subscribe, like, share untuk algoritma youtube. I guess I'll see you guys on the next video. Bye!


Penutup

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Bagaimana menurut temen - temen semua?? tulis tanggapan kalian di komentar yaa. Share ke temen - temen kalian yang lain biar pada tau dan semoga bermanfaat. Terimakasih.


Previous Post
Next Post

0 komentar: